Flash Info

Cara Menghitung Jumlah Tulangan Pengecoran Plat Lantai

Sabtu, 20 Januari 2024 14:58
Administrator
56 Lihat

Setelah mengetahui apa saja yang perlu diketahui sebelum menghitung jumlah tulangan pengecoran plat lantai, maka sudah saatnya untuk mempelajari bagaimana cara menghitung jumlah tulangan pengecoran plat lantai.

Rumusnya adalah (panjang ukuran plat lantai : jarak pemasangan) x 2 kali untuk dipasang pada bagian bawah dan atas : sisi tegak atau sisi datar.

Semisal, Anda akan menghitung jumlah besi plat lantai dengan ukuran 3 m x 6 m dan memiliki ketebalan 12 cm. Untuk besi yang digunakan berdiameter 10 dan dipasang dengan jarak 200 mm pada bagian atas dan bawah.

Untuk jumlah besi plat lantai arah datar, lakukan perhitungan 6 m (panjang plat lantai) : 0,2 m (jarak pemasangan) x 2 kali : 3 m (sisi tegak), maka akan mendapatkan 180 m. Maka jumlah besi plat lantai yang dibutuhkan untuk arah datar dengan jarak pemasangan 200 mm adalah 180 meter.

Sementara untuk jumlah besi plat lantai arah tegak adalah, 3 m (panjang plat lantai) : 0,2 m (jarak pemasangan) x 2 kali : 6 m (sisi panjang) = 180 m. Berarti jumlah besi plat lantai untuk arah tegak juga 180 m.

Untuk menghitung total batang besi yang dibutuhkan, ada rumus berbeda yang digunakan. Yakni, (jumlah besi arah tegak + jumlah besi arah datar) : panjang besi per batang. Apabila menggunakan besi dengan panjang 12 meter per batang, maka jumlah total besi yang dibutuhkan adalah (180+180) : 12 = 30 batang besi.
Itulah cara menghitung tulangan pengecoran besi plat lantai.

 

sumber: https://www.rumah.com/panduan-properti/jumlah-tulangan-pengecoran-plat-lantai-68702 

Besi beton

Tinggalkan komentar

0 Komen
Order Di sini